Beranda Kampus Sejumlah Dosen Sejarah UNM Lakukan Pengabdian Masyarakat di Sulbar

Sejumlah Dosen Sejarah UNM Lakukan Pengabdian Masyarakat di Sulbar

617
0
BERBAGI
Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Dosen Prodi Pendidikan Sejarah UNM bekerjasama IGSI, Jumat (13/09/2019). - Foto: Istimewa

POLEWALI | TEBARNEWS.com – Sejumlah dosen dari Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) lakukan pegabdian masyarakat di Kabupaten Polewali, Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini berlangsung 13 hingga 14 September 2019, di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Polewali.

Ketua Jurusan Pendikan Sejarah UNM Dr. H.M. Rasyid Ridha, M.Hum, kepada Tebarnews.com mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Sasaran program pengabdian ini lanjut Rasyid Ridha yakni guru-guru sejarah se-Sulawesi Barat.

Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah UNM Dr. Bahri, S.Pd, M.Pd yang juga turut dalam kegiatan ini, mengatakan pengabdian dalam bentuk pelatihan dilakukan bekerjasama Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Sulawesi Barat.

“Aspek penekanan pada kegiatan pelatihan ini adalah penguasaan kompetensi dasar pada materi sejarah khususnya jenjang Sekolah Menengah Atas atau SMA”, ungkapnya.

Pelatihan yang diadakan selama dua hari, 13 hingga 14 September 2019 ini dibagi menjadi lima sesi. Sesi pertama, membahas penguasaan Kompetensi Dasar tentang dampak politik, budaya, sosial dan pendidikan pada masa penjajahan Eropa dengan narasumber Dr. Najamuddin, M. Hum dan Bustan, S.Pd., M.Pd .

Sesi kedua, membahas  penguasaan Kompetensi Dasar keterkaitan antara konsep berpikir diakronik dan sinkronik dengan narasumber Prof. Dr. Jumadi, M.Si, Nurlela, S.Pd., M.Si., Amirullah, S.Pd., M.Pd.

Foto bersama para dosen Jurusan Pendidikan Sejarah UNM dengan para guru di sela-sela kegiatan Pengabdian Masyarakat. – Foto: ist

Sesi ketiga, penguasaan Kompetensi Dasar peningkatan pemahaman peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dengan narasumber Drs. H.M Saleh Madjid, M.Pd., Dr. Ahmadin, S.Pd, M.Pd, dan Amirullah, S.Pd., M.Pd.

Sesi keempat, penguasaan Kompetensi Dasar nilai-nilai sumpah pemuda dan maknanya dengan narasumber Dr. M. Rasyid Ridha, M.Hum dan Bustan S.Pd., M.Pd. Terakhir sesi kelima, penguasaan Kompetensi Dasar tokoh nasional dan daerah dengan narasumber Dr. Bahri, S.Pd., M.Pd., Drs. La Malihu, M.Hum dan Asmunandar S.S., MA.

Kegiatan pelatihan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, disambut cukup antusias oleh kalangan guru terutama karena materinya pembelajaran sejarah di era revolusi 4.0. Selain itu, kegiatan ini sekaligus merupakan ajang silatuhrahim para guru dengan dosen-dosen mereka selama menempuh perkuliahan di Universitas Negeri Makassar.(bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here