Beranda Sekolah Kadis Pendidikan Selayar Keynote Speaker dalam Seminar & Lokakarya Penulisan Buku Ajar...

Kadis Pendidikan Selayar Keynote Speaker dalam Seminar & Lokakarya Penulisan Buku Ajar Seni Budaya SD/MI

627
0
BERBAGI
Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Mustakim KR M.Pd dalam kegiatan seminar dan lokakarya. -- Foto: ist

TEBARNEWS.COM, KEPULAUAN SELAYAR — Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Mustakim KR M.Pd, jadi keynote speaker dalam seminar dan lokakarya bahan ajar kurikulum muatan lokal mata pelajaran seni dan budaya jenjang SD/MI, Sabtu (16/11/2019). Kegiatan yang dilaksanakan LP2MT kerjasama Diknas dilaksanakan di Aula Kemenag Kepulauan Selayar.

Hadir sebagai panelis Dr. H. Nur Aswar Badulu, M.Si (penulis buku dan peneliti) dan Dr. Ahmadin, S.Pd, M.Pd. (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Program Pascasarjana UNM Makassar).

Di hadapan para guru yang hadir, Drs. Mustakim KR M.Pd menyampaikan harapannya agar menggali semaksimal mungkin aneka cerita rakyat milik masyarakat Selayar dan dijadikan bahan ajar.

Peserta Seminar dan Lokakarya yang tediri atas para guru Seni dan Budaya SD/MI. — Foto: ist

Dr. H. Nur Aswar Badulu, M.Si menyampaikan materi tentang warisan budaya masyarakat Selayar berupa jenis-jenis alat musik, permainan rakyat, benda-benda bersejarah, dan lainnya.

Sementara itu, Dr. Ahmadin, S.Pd, M.Pd menyampaikan materi khusus telaah atas format dan isi bahan ajar. Dilanjutkan dengan pengayaan materi terutama ragam warisan budaya masyarakat Selayar yang menurutnya belum serius digali.

“Masyarakat Kepulauan Selayar tidak hanya berkultur agraris, tetapi juga berbudaya maritim. Untuk itu, seharusnya nilai-nilai budaya bahari juga perlu jadi bagian dari pelajaran muatan lokal”, ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung pagi hingga sore itu, dihadiri sebanyak 75 guru pengajar Seni dan Budaya dari Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Pulau Selayar.
Penyerahan cendera mata dan foto bersama menandai berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan.(mg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here