Beranda Sulawesi Selatan HNSI Sulsel Minta Pemerintah Perhatikan Kondisi Ekonomi Nelayan

HNSI Sulsel Minta Pemerintah Perhatikan Kondisi Ekonomi Nelayan

259
0
BERBAGI
Ir. H. A. Chairil Anwar, MM., Ketua DPD HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Sulawesi Selatan. - Foto: Ist

TEBARNEWS.COM, MAKASSAR¬†— Di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, diketahui telah berdampak pada gangguan ekonomi semua kalangan termasuk sektor perikanan terkena imbasnya. Utamanya nelayan dan pengusaha perikanan yang saat ini butuh perhatian pemerintah.

Ketua DPD HNSI (Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia) Sulawesi Selatan Ir. H. A. Chairil Anwar, MM., memberikan gambaran bagaimana kondisi di Sulawesi Selatan terasa pada harga ikan di pusat pendaratan ikan, biasanya hasil tangkapan ikan nelayan memberi hasil pendapatan yang cukup memadai dengan harga ikan cukup baik.

Sekarang tidak terpenuhi kata Chairil, karena pasar domestik dan ekspor yang tidak mendukung. Sehingga sangat perlu menjadi perhatian pemerintah dalam menyikapi masalah sosial ekonomi yang terjadi sebagai dampak bencana covid-19 di negeri ini.

Lebih jauh Chairil mengungkapkan, sedianya hasil tangkapan ikan dari nelayan mampu memberi pendapatan yang cukup memadai, justru tidak terpenuhi karena pasar domestik dan ekspor tidak mendukung.

Menurut Chairil, yang juga mantan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, belum lama ini sebagai contoh ikan Deho yang lagi musim saat ini, sebelum mewabahnya covid-19 masih dihargai Rp. 800.000 – Rp. 1.000.000 per 50 kg. Sekarang ini, hanya mampu dipasarkan dengan harga Rp. 350.000 – Rp. 400.000.

Chairil sangat berharap, jika kondisi ini tidak berlangsung lama, karena pengusaha perikanan akan kesulitan dan kehidupan nelayan pun menjadi tidak layak bahkan tidak menentu.

“Kepada pemerintah untuk memberikan perhatian dan kebijakan khusus, terutama pada nelayan kecil yang beroperasi One Day Fishing dan berpenghasilan harian”, ujar Chairil.

“Harapan ini diutarakan agar menjadi perhatian pemerintah dalam menyikapi masalah sosial ekonomi yang terjadi sebagai dampak bencana Covid-19 di negeri ini”, tandas Chairil sebagai Ketua DPD HNSI Sulawesi Selatan.

(AnRos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here