Beranda Sulawesi Selatan Pinisi Sunset Trip Ramah Lingkungan

Pinisi Sunset Trip Ramah Lingkungan [Program Edukasi Maritim]

231
0
BERBAGI
Program Phinisi Sunset Trip Ramah Lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel. - Foto: istimewa

MAKASSAR | TEBARNEWS.com — Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan berlayar dengan Pinisi Pusaka Indonesia (PPI) bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel, Ir. Sulkaf S. Latief, MM., dan Ketua Dharmawanita DKP Aliyani Paduppa bersama rombongan, kerjasama Yayasan Konservasi Laut Indonesia (YKLI). Berlayar dengan ramah lingkungan, berupaya memperkenalkan wisata Laut di Kota Makassar dengan melihat matahari tenggelam (sunset), makan malam di tengah laut dengan biaya yang terjangkau.. Mengusung tema “Phinisi Sunset Trip Ramah Lingkungan”.

Panorama laut dengan makan malam bersama rombongan dapat melihat bahwa begitu indahnya pemandangan malam di laut dengan trip Pulau Lae-Lae, Gusung dan begitu banyak kapal yang sedang menunggu untuk sandar. Semua panorama laut yang menyenangkan di malam hari.

Ir. Sulkaf S. Latief, MM., mengatakan kalau difikiran kita akan terlintas bahwa menikmati rekreasi di tengah laut butuh biaya besar, untuk ke laut itu mahal, tetapi dengan adanya YKLI yang mengedukasi, semua terjangkau dan bisa ke laut.

“Dengan catatan tolong jaga kebersihan laut melalui penyediaan tempat sampah dan membawa botol plastik (tubler) setiap anggota rombongan,” ujar Kadis DKP sambil melihat hal positif dengan berupaya dalam pengelolaan sampah sebagai edukasi.

Imran Lapung selaku pengurus YKLI mengungkapkan ini sebagai salah satu organisasi non pemerintah bermitra dengan Phinisi Pusaka Indonesia untuk melaksanakan “Program Edukasi Maritim”. Memiliki orientasi pada tiga aspek yaitu konservasi ekosistem pesisir laut, pemberdayaan masyarakat pesisir kepulauan kecil, dan penerapan teknologi alternatif ramah lingkungan.

Imran dengan antusias mengatakan realisasi tindak lanjut audiensi minggu kedua September 2019 kini diwujudkan di minggu keempat 27 September 2019. Menikmati indahnya Makassar dilihat dari tengah laut dengan panorama malam hari.

Rombongan Phinisi Sunset Trip Ramah Lingkungan Dinas Kelautam dan Perikanan Sulsel. – Foto: istimewa

Dukungan dan kolaborasi program DKP, PPI dan YKLI melakukan program antara lain edukasi maritim untuk anak sekolah dan berupaya mendorong wisata bahari di Sulawesi Selatan (Sulsel), khususnya kota Makassar. Sunset trip dari Pantai Losari, Pulau Lae-Lae, Pulau Kayangan dan makan malam bersama dalam menyusuri perjalanan di laut.

Imran berupaya mendorong kegiatan wisata ramah lingkungan, menginginkan semua yang melakukan trip harus membawa tubler untuk mengurangi sampah plastik di laut.

Wisata Laut yg dihadirkan Yayasan Konservasi Laut Indonesia (YKLI) melalui kapal Phinisi yang berkapasitas 30 orang ini mengedukasi pelajar baik SD, SLTP, dan SLTA bahkan belajar tentang kebersihan lingkungan laut dan lebih mengenal Coral.

Rundown trip termasuk Sail With Pinisi For Sunset (Berlayar dengan phinisi untuk melihat matahari terbenam. Experience dan Photo Sessions (Kegiatan berfoto) selama berlayar.

Dinner dan Traditional Culinary at Pinisi
(Makan malam dan suguhan kue tradisional diatas phinisi). Sail Back to Losari (berlayar kembali ke Losari).

“Selama kegiatan di kapal nanti akan dibuatkan video. Don’t forget to bring a place to drink (tumbler), Jgn lupa membawa tempat air minum,” harap Imran.(AnRos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here