Beranda Kampus FIS UNM Gelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa

FIS UNM Gelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa

174
0
BERBAGI
Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT (pertama dari kiri), Prof. Dr. Jumadi, S.Pd, M.Si (tengah), dan Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum, dalam kegiatan workshop PKM di Fakultas Ilmu Sosial, Jumat (20/09/2019). - Foto: TebarNews

MAKASSAR | TEBARNEWS.com — Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), gelar Workshop Program Kreativitas Mahasiswa, Jumat (20/09/2019). Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan tentang mekanisme pelaksanaan worshop serta gambaran singkat tentang keterlibatan FIS dalam ajang PKM, yang disampaikan Prof. Dr. Jumadi, S.Pd, M.Si.

“Baru dua tahun terakhir FIS ikut serta dalam Program Kreativitas Mahasiswa, sebelumnya hanya jadi pembelajar”, ungka Jumadi.

Workshop tahap ini lanjutnya merupakan penyamaan persepsi di kalangan para calon pembimbing dan tahap berikutnya workshop dilakukan bersama mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum. Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya menggenjot kemampuan mahasiswa khususnya dalam menyusun proposal PKM serta cara mempresentasikannya. Hal ini menurut dia harus dilakukan sedini mungkin.

“Harusnya proses bimbingan mahasiswa ini perlu dilakukan sejak semester awal.
Mahasiswa tidak cukup hanya cerdas dan pintar, tapi harus diiringi dengan kemampuan presentasi yang baik”, ungkapnya.

Suasana workshop PKM di ruang rapat Senat Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM, Jumat (20/09/2019). Foto: Istimewa

Hadir sebagai pemateri Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT. Penyajian materi diawali dengan tanyangan beberapa karya arsitek yang telah ia hasilkan seoerti Rumah Adat Sao Mario di Soppeng dan karya-karya lainnya. Ia berharap dari beberapa karya arsitek yang telah dihasilkan sebagai produk Pengabdian Masyarakat, dapat dijadikan materi PKM.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) ini, kemudian materi terkait 8 (delapan) bidang PKM, meliputi:  PKM Penelitian, PKM Penelitian Sosial Humaniora, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Teknologi, PKM Karya Cipta, PKM Artikel Ilmiah, PKM Gagasan Tertulis, PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

Namun menurutnya cukup tiga saja yang diberi penguatan dalam workshop ini. Lebih lanjut ia memaparkan kriteria umum PKM menyangkut bidang kegiatan dan alokasi pendanaan, sistematika penyusunan, tahapan evaluasi, format, dan lainnya. Kemudiab ia juga mengemukakan pentingnya unsur kreativitas dari sebuah karya.

Pemateri berikutnya yakni Dr. Sultan, M.Pd yang memulai dari penanyangan profil mahasiswa pemenang PKM dan karyanya. Lebih lanjut ia memaparkan strategi pembentukan tim PKM. Menurutnya pembentukan tim dan idenya, idealnya lintas disiplin ilmu serta keanggotaan lintas angkatan. Selanjutnya dibahas prinsip utama PKM-PSH dan pentingnya keunikan dari sebuah karya.

Kegiatan selanjutnya yakni sesi siang berdasarkan manual acara yakni khusus kegiatan Focus Group Dicussion (FGD) dipandu Prof. Dr. Jumadi, S.Pd, M.Si.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat FIS ini, dihadiri kalangan dosen pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa.(mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here