Beranda Historia Masjid Warisan DI/TII di Benteng Alla Enrekang

Masjid Warisan DI/TII di Benteng Alla Enrekang

1394
0
BERBAGI
Masjid warisan DI/TII di Benteng Alla. -- Foto: Facebook/rahman

ENREKANG | TEBARNEWS.COM —┬áDi balik keberadaan sebuah masjid, selalu menyimpan riwayat dan sejarah tersendiri baik menyangkut latar berdirinya maupun perlembangannya dari waktu ke waktu. Seperti halnya masjid yang berada di Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, ternyata keberadaanya terkait dengan kehadiran DI/TII di daerah ini.

Jejak historis keberadaan masjid ini diungkap salah seorang alumni Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Rahman yang pernah meneliti di tempat ini.

“Mesjid ini nampak sederhana. Namun, mari sedikit melihat kebelakang mengenai keberadaan mesjid di Benteng Alla. Mesjid ini sesungguhnya merupakan warisan DI/TII di Benteng Alla dan dapat dikategorikan sebagai mesjid pertama yang berdiri di Benteng Alla setelah DI/TII mengislamkan seluruh masyarakat di Benteng Alla”, tulis Rahman di akun facebook miliknya.

Pasukan DI/TII lanjut Rahman membangun mesjid ini bersama dengan masyarakat Benteng Alla yang saat itu telah diakui sebagai bagian dari Gerakan DI/TII Qahar Mudzakkar.

Lebih lanjut Rahman menjelaskan bahwa masjid ini sudah mengalami beberapa kali perpindahan lokasi sejak pertama kali dibangun dan telah berulang kali direnovasi. Lokasi awal pembangunan mesjid ini sendiri, jaraknya tidak begitu jauh dari letak mesjid yang sekarang. Namun inilah warisan nyata yang sempat ditinggalkan DI/TII di desa ini.

“Penelitian hampir setahun di Benteng Alla dan sekitarnya membuatku menemukan beberapa fakta mengenai tempat ini termasuk bangunan mesjid ini yang kemudian kutulis dalam skripsiq dengan judul Gerakan DI/TII di Benteng Alla“, tegasnya.(fb/int)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here