Beranda Sulawesi Selatan Kepala BPIP RI Berkunjung ke Monumen Emmy Saelan

Kepala BPIP RI Berkunjung ke Monumen Emmy Saelan

269
0
BERBAGI
Foto: Istimewa/Handover

MAKASSAR | TEBARNEWS.com — Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, berkunjung ke Monumen Emmy Saelan Kota Makassar Sulawesi Selatan, Sabtu (25/05/2019).

Sehari sebelumnya, Kepala BPIP RI ini memberikan materi pada acara Kementerian Kominfo RI yang digelar di Hotel Horison Ultima Makassar. Pada hari ini, berkunjung untuk melihat dari dekat Kampung Pancasila yang berlokasi di Tidung Mariolo yang masyarakatnya sangat menjunjung nilai-nilai Pancasila dan nilai sejarah.

Selanjutnya beliau berkunjung ke Monumen Emmy Saelan yang terletak di Jalan Hertasning Timur. Monumen ini berdiri kokoh di tengah Kota Makassar menjadi simbol perjuangan seorang perempuan tangguh, gigih berjuang melawan penjajah untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Kegigihannya dalam melawan penjajah dengan melempar granat dan membuat para tentara Belanda mundur dan kewalahan.

“Mengunjungi objek sejarah tidak hanya berwisata saja dan mengenang perjuangan semata, namun mampu menambah pengetahuan, wawasan, menumbuhkan kebanggaan serta mengokohkan rasa cinta tanah air untuk senantiasa berjuang dan memajukan bangsa Indonesia”, ungkap Haryono.

Monumen Emmy Saelan ini, lanjut Haryono diharapkan tidak hanya sebagai monumen bersejarah saja namun bisa digunakan sebagai laboratorium pendidikan bagi mahasiswa dan pelajar. Selain itu, sebagai sarana pergelaran budaya, pentas seni tradisional bagi kalangan pemuda pelajar menampilkan kreatifitas sehingga monumen ini menjadi hidup dan ramai dikunjungi wisatawan.

“Monumen ini bahkan bisa menjadi tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa Perguruan Tinggi yang ingin melakukan pengabdian”, tegasnya.

Kujungan ini didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar, Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum dan Wakil Dekan III Prof. Dr. Jumadi, M.Si. Dalam rombongan ini juga turut serta Ketua Pengembang FIS Dr. Supriadi Torro, M. Si., Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah dan IPS Dr. H. M.Rasyid Ridha, M.Hum., Ketua Prodi Pendidikan Sejarah Bahri, S.Pd, M.Pd., Kepala Laboratorium Jurusan Pendidikan Sejarah dan IPS Amirullah, S.Pd, M.Pd, serta. Tim UPM FIS Hasni, S. Pd, M. Pd.(ril/arl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here