Beranda Kampus Mahasiswa UNM Paparkan Hasil Studi Maritim di Aula Dinas Pendidikan Selayar: Studi...

Mahasiswa UNM Paparkan Hasil Studi Maritim di Aula Dinas Pendidikan Selayar: Studi Maritim Mahasiswa Sejarah UNM 2019 di Kepulauan Selayar (4)

114
0
BERBAGI
Kedua dosen pendamping Studi Sejarah Maritim Mahasiswa UNM, Drs. La Malihu, M.Hum (tengah) dan Dr. Ahmadin, S.Pd, M.Pd (ketiga dari kiri) didampingi Rasmiati (pertama dari kiri), saat pembukaan kegiatan pemaparan studi lapangan di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar, Selasa (26/03/2019). FOTO: IST

KEPULAUAN SELAYAR | TEBARNEWS.com — Memasuki hari ketiga Studi Maritim Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Makassar (UNM), tibalah saatnya memaparkan hasil temuan mereka.

Adapun tempat pemaparan hasil studi lapangan dan diskusi, difasilitasi oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Mustakim KR., M.M.Pd.

Bertempat di aula Kantor Dispendikbud Selayar, para mahasiswa melakukan pemaparan temuan data lapangan dan diskusi, didampingi kedua dosen pembimbing, saya dan Drs. La Malihu, M.Hum.

Sesi pemaparan data lapangan praktik Sejarah Maritim di Dusun Dongkalang, dimulai dari pemberian sambutan mengenai teknis pelaksanaan.

Dalam sambutannya, Drs La Malihu, M.Hum menyampaikan bahwa semua kelompok wajib menyampaikan temuan lapangan berupa hasil wawancara, pengamatan, serta hasil jepretan seperti foto maupun video.

Semua peserta dalam pemaparan temuan lapangan ini lanjut La Malihu, harus berkontribusi aktif memberi input demi kesempurnaan laporan hasil studi lapangan nantinya.

Setelah itu disusul pemberian kesempatan kepada empat orang mahasiswa, masing-masing 2 laki-laki dan 2 perempuan untuk memberi testimoni tentang kesan-kesan dari proses pelaksanaan kegiatan praktik lapangan.

“Saya pribadi sangat bersyukur mendapat pengetahuan tentang teknik penelitian, sehingga praktik lapangan yang diikuti tidak sekadar jalan-jalan dan berfoto”, ujar Fadli
saat diminta memberi testimoni.

Lebih lanjut ia menyatakan sedikit kecewa pada jadwal kagiatan yang sering molor. Namun ia tetap mengakui serta mengapresiasi kekompakan angkatannya.

Ira Risfiani, salah seorang peserta praktik lapangan Sejarah Maritim saat memberi testimoni. FOTO: TEBARNEWS.COM

Sementara itu, salah seorang mahasiswi, Ira Risfiana dalam testimoninya menyatakan ungkapan terima kasih kepada kedua dosen pembimbing atas proses kegiatan praktik lapangan kali ini yang menurut berbeda dengan mata kuliah lain. Dua mahasiswa lainnya yang memberi testimoni, juga tampak mengapresiasi kegiatan ini.

Sesi berikutnya, masing-masing kelompok berjumlah 8 tersebut tampil secara bergiliran memaparkan data temuannya diiringi tanya jawab.

Pemaparan hasil temuan lapangan ini, berlangsung sangat kondusif dan seluruh peserta mengikuti secara antusias.(bersambung)

Penulis: Ahmadin M. Umar, melaporkan dari Kabupaten Kepulauan Selayar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here