Beranda Kampus Bedah Instrumen & Simulasi: Studi Maritim Mahasiswa Sejarah UNM 2019 di Kepulauan...

Bedah Instrumen & Simulasi: Studi Maritim Mahasiswa Sejarah UNM 2019 di Kepulauan Selayar (2)

108
0
BERBAGI
Suasana bedah instrumen pengumpulan data dan simulasi oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UNM di Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Ahad (24/03/2019). FOTO: PANITIA STUDI MARITIM

KEPULAUAN SELAYAR | TEBARNEWS.com — Rombongan mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UNM yang melakukan studi maritim di Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar bedah instrumen dan simulasi teknik pengumpulan, Ahad (24/03/2019) malam.

Kegiatan ini merupakan bagian penting dari seluruh rangkaian studi maritim yang digelar setiap tahunan pada angkatan yang berbeda. Di mana mahasiswa diberi pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan instrumen pengumpulan data.

Aku bersama tim dosen pengampu mata kuliah Sejarah Maritim, Drs La Malihu, M.Hum memberi pemahaman tentang dasar-dasar penelitian serta tips mengenai pengumpulan data khususnya pada masyarakat nelayan.

Sebanyak 100 lebih item pertanyaan yang masing-masing untuk nelayan tradisional, nelayan modern, pembuat perahu, pelayar, dan aparat desa, dibahas satu persatu terutama maksud serta jenis data yang diperlukan.

Segera setelah itu, pengetahuan mengenai teknis pengumpulan data diperagakan secara simulatif oleh masing-masing tim kelompok secara bergiliran. Setiap kelompok menetapkan salah satu dari mereka berlakon sebagai nara sumber nelayan tradisional, modern, dan seterusnya, lalu diwawancarai oleh beberapa orang anggota yang berperan sebagai tim pengumpul data.

Setelah proses simulasi usai, tibalah saatnya tim kelompok lainnya memberi evaluasi berupa kritik dan saran. Seterusnya disusul pemberian masukan dari tim dosen.

Proses bedah instrumen dan simulasi yang diikuti sangat antusias oleh para mahasiswa tersebut, berakhir seiring pengakuan dari mereka bahwa telah mengerti dan memahami penggunaan instrumen pengumpul data. (bersambung)

** Penulis: Ahmadin M. Umar melaporkan dari Kabupaten Kepulauan Selayar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here