Beranda Kampus Studi Maritim Mahasiswa Sejarah UNM 2019 di Kepulauan Selayar

Studi Maritim Mahasiswa Sejarah UNM 2019 di Kepulauan Selayar [1]

168
0
BERBAGI
Suasana pantai di area Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Ahad (24/03/2019). FOTO: TEBARNEWS

BULUKUMBA |¬†TEBARNEWS.com —¬†Setelah menempuh perjalanan darat dari Kota Makassar sekira 4 jam lamanya, akhirnya tibalah aku pelabuhan penyeberangan Bira, Ahad (24/03/2019) pukul 04.30 WITA. Aku bersama rombongan mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Negeri Makassar (UNM), yang rencana melakukan studi maritim di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baru saja aku duduk melepas lelah, ketika suara adzan dari arah mushallah di area pelabuhan itu berkumandang. Segera kutunaikan kewajiban 2 rakaat sebagai seorang muslim.

Segera setelah itu, aku dan salah seorang dosen pendamping studi maritim Drs La Malihu, M.Hum menikmati menu makanan instan indomie telur dan dilanjutkan dengan mencicipi kopi menghabiskan malam yang masih tersisa beberapa menit.

Di salah satu sudut area mushallah, kulihat seorang perempuan sibuk menagih uang tarif penggunaan fasilitas buang hajat dari para mahasiswa.

“Saya tidak jadi mandi dan buang air besar. Saya hanya pipis saja”, ujar salah seorang mahasiswi yang setengah ikhlas menyetorkan uang tarif sewa kamar kecil tersebut.

Begitulah kondisi di area pelabuhan Bira hingga kini di mana para penumpang harus menyiapkan sejumlah uang tarif mandi dan buang hajat.

Menurut salah seorang penjual yang tidak menyebutkan namanya pada salah satu warung di pelabuhan itu, air sangat susah diperoleh di lokasi ini sehingga mereka harus memberlakukan sejumlah tarif bagi para pengguna fasilitas kamar kecil.

Rombongan Studi Maritim Mahasiswa Sejarah UNM sesaat sebelum naik ke kapal ferry Bira-Selayar, Ahad (24/03/2019). FOTO: TEBARNEWS

Jarum jam sudah menunjuk pukul 09.00 WITA, ketika petugas pelabuhan memberi isyarat agar kami segera naik ke kapal ferry.

Rombongan studi maritim yang merupakan mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), pun menaiki anak tangga kapal dan menduduki sejumlah kursi sambil menunggu kapal berangkat.

Kapal ferry bernama KMP Bontoharu, bertolak dari pelabuhan Bira pukul 10.30 WITA dengan suasana laut cukup tenang pagi ini.(bersambung)

* * Penulis: Ahmadin M. Umar, melaporkan dari Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here