Beranda Kampus Relawan Jurnal Indonesia Sulsel Berkunjung Ke FIS UNM

Relawan Jurnal Indonesia Sulsel Berkunjung Ke FIS UNM

209
0
BERBAGI
Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNM Prof Dr Hasnaswi Haris, M.Hum (kedua dari kiri) bersama pengurus Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sulsel di Kampus UNM. FOTO: IST

MAKASSAR | TEBARNEWS.com — Kordinator Daerah Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bertandang ke Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) Jl Raya Pendidikan, Kota Makassar, Selasa (26/3/2019) pagi.

Para pengurus RJI Sulsel, di antaranya ketua, Dr. Ramlan Mahmud, M.Pd, Ilham Backtiar, M.Pd, Amirullah, M.Pd, dan Fadli, M.A. diterima langsung Dekan FIS UNM Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum.

Mereka menyampaikan bahwa RJI Sulsel bakal menggelar Roadshow To Campus dengan lokasi kegiatan workshop tiga kampus, masing-masing, Universitas Negeri Makassar (Fakultas Ilmu Sosial dan PGSD Kabupaten Bone), Universitas Megarezky Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Pare-Pare.
RJI Sulsel membuka 3 kelas workshop yakni kelas Beginner, Intermedite, dan Advance, dengan materi Manajemen dan tata kelolah jurnal, publikasi jurnal nasional dan internasional serta indeks akreditasi jurnal.

Kegiatan workshop yang pertama akan digelar di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar pada Sabtu-minggu 2-3 Maret 2019 mendatang di ruang senat Fakultas Ilmu Sosial UNM.

Ketua Panitia Roadshow RJI Sulsel to campus ini Amirullah, S.Pd, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini digelar pertama kalinya di Makassar dan pesertanya pun dibatasi hanya 50 (lima puluh) orang setiap lokasi workshop.

“Untuk lokasi workshop di FIS sekarang sudah ada sekitar 69 pengelola jurnal yang sudah mendaftarkan diri dari berbagai daerah dan kampus”, ungkap Amirullah.

Lebih lanjut Amirullah mengatakan dari kegiatan workshop yang dilakukan ini selanjutnya akan dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama tentang pendampingan pengelolaan jurnal ilmiah dengan pihak Fakultas Ilmu Sosial UNM.

Sementara itu, pada kesemapatan yang sama Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum dalam arahannya kepada pengurus RJI Sulsel, mengatakan pentingnya pengelolaan jurnal ilmiah yang baik dan efesien sebagai wadah publikasi hasil pemikiran dan penelitian maupun pengabdian. Selain itu, menurutnya akan menjadi momentum dan bersiap menyambut era 4.0 kedepannya.

RJI Sulsel sendiri merupakan perkumpulan para pengelola jurnal di daerah ini yang mendedikasikan dirinya untuk membantu para pengelola jurnal lainnya di Sulawesi Selatan dalam mengelola jurnal secara elektronik. Adapun Visi RJI adalah membantu mewujudkan pengelolaan jurnal ilmiah secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah nasional dan internasional.(arl/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here