Beranda Sulawesi Selatan Smart Office Menuju Administrasi Kantor Berbasis Online

Smart Office Menuju Administrasi Kantor Berbasis Online

141
0
BERBAGI
Sekretaris Diskominfo-SP H. Hudzon, S.Sos., MM didampingi pengelola Smart Office Kalfin Alloto'dang, S.Kom, MT., saat membuka Bimtek Smart Office Tahap ke-2. FOTO: ANROS

MAKASSAR | TEBARNEWS.com —┬áSmart Office (SO) dengan sistem terintegrasi yang mengelola file-file di lingkup pemerintahan. Bahkan sistem ini dapat meningkatkan kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Dinas Komunikasi, informatika, statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Sulsel melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk menindak lanjuti program inovasi di 100 hari pertama kepemimpinan Gubernur Prof Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Bimtek SO yang dilaksakan Tahap pertama Akhir Januari 2019, memasuki tahap kedua berlangsung sehari Senin, (11/02/2019), di Ruang Data Gedung A Lantai IV Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Sekretaris Diskominfo-SP H. Hudzon, S.Sos., MM saat membuka Bimtek meminta seluruh OPD lebih awal, lancar dalam pengaplikasiannya, sesuai rencana pertengahan Maret 2019 secara keseluruhan sudah bisa diaplikasikan.

“Jadi melalui aplikasi ini, Pak Gubernur, Wagub, Kadis, semua pejabat bisa mendisposisi surat dimanapun saja hanya dengan menggunakan handphone androidnya, tidak lagi harus di kantor, ” harap Hudzon.

Dalam kesempatan yang sama tim pengelola SO Kalfin Alloto’dang, S.Kom, MT., memaparkan kalau aplikasi bernama SO ini, berisi layanan persuratan lewat digital OnLine untuk memudahkan kerja persuratan secara manual yang dianggap memakan waktu dan tenaga, lantaran SO ini suatu aplikasi berbasis android.

Lebih jauh, kata Kalfin kehadiran SO ini, dapat menghemat anggaran cukup besar. Yang persuratan harus menggunakan kertas, sekarang via android, tidak perlu diantar kesana kemari. Dengan sistem yg dirancang untuk membantu pelayanan administrasi kantor.

Disamping memuat surat digital aplikasi, SO juga memuat konten integrasi sistem aplikasi data dan layanan publikasi yang ada, dan sudah terintegrasi ke seluruh OPD Pemprov Sulsel.

Peserta Bimtek Tahap ke 2. FOTO: DOK. ANROS
Peserta Bimtek Tahap ke 2. FOTO: DOK. ANROS

Saat ini, SO yang berbasis Web dan Android, terdapat jenis akun yang dapat digunakan untuk mempercepat pelayanan persuratan yaitu dengan akun pegawai ASN/PNS, Akun pegawai honorer dan Akun masyarakat umum.

Sejak aplikasi ini diluncurkan, sudah dilakukan sosialisasi dan bimtek tata cara penggunaan aplikasi ini kepada sub admin dan pengimput surat dari setiap perwakilan di OPD. Setiap surat ada disposisi dari Gubernur dan Sekda ke OPD masing2. Sudah bisa ditindaklanjuti. Sehingga, sangat diharapkan Internal dibenahi baru di publikasikan.

Pembinaan dan monitoring arsip, wajib diimput setiap hari khususnya surat masuk. Dibandingkan secara manual tentu resiko lebih besar kehilangan arsip surat.

Tetapi dengan SO ini tentu masih tetap berada di server kalaupun ada kejadian khusus yg terjadi, bahkan suatu resiko yang tidak disangka. “Jadi sangatlah penting diarsipkan secara digital, harap Kalfin.(AnRos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here