Beranda Kampus Mahasiswa BSI UIN Alauddin Gelar Konferensi Nasional Penguatan Moralitas dan Spiritualitas Melalui...

Mahasiswa BSI UIN Alauddin Gelar Konferensi Nasional Penguatan Moralitas dan Spiritualitas Melalui Karya Sastra

209
0
BERBAGI
FOTO: ISTIMEWA

GOWA | TEBARNEWS.com —¬†Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (BSI), Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar, menyelenggarakan Konferensi Nasional dengan nama 1stLICONELS (Literature Conference for English Students) yang pertama kalinya, Kamis (10/01/2019). Konferensi ini mengangkat tema Enhancing and Enlightening Morality and Spirituality Through Literary Works in Millenial Era atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan menjadi Penguatan Moralitas dan Spiritualitas Melalui Karya Sastra di era Milenia.

Acara yang berlangsung selama 4 jam ini, dimoderatori oleh salah seorang dosen BSI Nasrum, S.Pd, MA menghadirkan keynote speakers yang dinilai memiliki kapabilitas yang tinggi dalam ilmu sastra, di antaranya Drs. Alwy Rachman, Dip.TEFL, Dr. Rosmah Tami, S.Ag, M.Sc, MA, serta Muhary Wahyu Nurba, S.S.

Pak Alwy sapaan akrab dari Alwy Rachman dalam presentasinya mengatakan bahwa nilai-nilai kebaikan ada dalam karya sastra, itu dapat dilihat dari karakter-karakter yang ada dalam karya tersebut dan pembaca boleh memposisikan diri sebagai karakter yang baik.

Alwi Rachman menambahkan bahwa zaman sekarang ini dikategorikan sebagai zaman tanpa batas dan zaman tanpa ahli. Semua orang bisa menjadi ahli apa saja berkat hadirnya teknologi canggih.

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium kampus ini mengajak generasi milenial yang ada saat ini untuk melek sastra. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme kaum muda untuk hadir di konferensi ini. Selain mahasiswa UIN Alauddin Makassar, konferensi ini juga dihadiri oleh lembaga pendidikan lainnya, yakni Institut Parahikma Indonesia (IPI). Beberapa mahasiswa dari IPI juga mempresentasikan hasil penelitian mereka dalam bidang sastra pada parallel session setelah acara seminar yang dipusatkan di gedung Fakultas Adab dan Humaniora.

Tak hanya melibatkan orang-orang yang memang bergelut dalam sastra, konferensi ini juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil karya mereka di depan peserta konferensi. Muh. Refan dan Regen Aprianto menjadi mahasiswa yang dipercayakan untuk tampil bersama dengan keynote speakers.

Konferensi ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan tahunan mahasiswa semester lima (V) jurusan BSI. Kegiatan yang bertajuk NEW ELE (English and Literature Exhibition) ini tak hanya menyajikan konferensi tingkat nasional, melainkan pementasan drama dan puisi yang akan digelar di Gedung Kesenian Societeit De Harmonie pada hari Sabtu 12 Januari 2019 mendatang. (nas/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here