Beranda Sulawesi Selatan Forum Remaja Masjid Gowa Menjawab Persoalan Umat Melalui Koperasi Masjid

Forum Remaja Masjid Gowa Menjawab Persoalan Umat Melalui Koperasi Masjid

131
0
BERBAGI
Muhammad Ainul Fajar (baju putih, tengah), saat mendampingi Rusdin Tompo dalam pelatihan koperasi remaja masjid di Hotel Losari Metro, di penghujung 2018. FOTO: ISTIMEWA

GOWA | TEBARNEWS.com — “Kami berharap, di tahun 2019 ini kami tetap dalam satu perjuangan, yaitu menjawab persoalan umat dan bangsa melalui koperasi masjid,” begitu tekad Muhammad Ainul Fajar, Ketua Umum Forum Remaja Masjid Majelis Pengurus Cabang (MPC) Gowa, Kamis (10/1/2019).

Pria yang akrab disapa Ainul itu menambahkan, lewat pemberdayaan ekonomi, organisasinya akan menjadi benteng pertahanan bagi bangsa dan agama. Dikatakan, Forum Remaja Masjid Majelis Pengurus Cabang (MPC) Gowa hadir untuk selalu berjuang dan memberikan edukasi didalam menegakkan keadilan ekonomi dan kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Apalagi Koperasi Masjid yang dibangun itu mengacu pada Al-Quran dan Hadits.

Optimisme Ainul patut diacungi jempol, apalagi di jajaran pengurus Forum Remaja Masjid Majelis Pengurus Cabang (MPC) Gowa terdapat sejumlah nama yang memiliki rekam jejak dan jejaring yang luas. Pada Majelis Pembina ada Rahmat Soni Bs Dg Romo dan Nasruddin S.Sos. Sedangkan pada Majelis Penasihat terdapat nama Muhammad Sadikil Wahdi. Masih ada lagi Majelis Pertimbangan yang diisi oleh Irsyadil Haq, S.Si, Muhammad Salim Mudassir S.Hut, dan Muhammad Rizal Al-Faruqhi S.IP. Kabinet Ainul didukung oleh Fitrah Ramadhani sebagai Sekretaris Umum dan Ridha Aprianti sebagai Bendahara Umum.

Ainul berkisah, organisasinya masih relatif baru terbentuk. Tepatnya pada 20 Juni 2016 atau bertepatan dengan 15 Ramadhan 1437 H, dan bertempat di Bajeng. Meski begitu, kadernya sudah sekira 200 orang, tersebar di 5 Kecamatan di Gowa, yakni Bajeng, Bajeng Barat, Barombong, Pallangga dan Bontonompo.

“Tujuannya adalah terbinanya kader yang religius, intelektual dan nasionalis di dalam mewujudkan masyarakat yang berkeadilan,” papar yang tampak kalem itu.

Ada sejumlah langkah strategis yang akan dilakukan bersama teman-temannya dalam rangka membangun ekonomi masyarakat.

“Kami yakin masyarakat akan terbantu kebutuhan dasar atau basic needs-nya melalui koperasi masjid,” katanya mantap.

Untuk membangun perspektif pengurus dan anggota organisasinya, forum remaja masjid itu sudah mengadakan pelatihan dengan mengundang para pembicara yang kompeten di bidangnya, antara lain dari Dewan Koperasi Nasional Wilayah Sulawesi Selatan, Drs. Muh Hasyim M.M dan Rusdin Tompo, mantan Ketua KPID Sulawesi Selatan, yang membahas soal pemanfaatan media untuk promosi dan penciptaan brand image sebagai sebuah produk yang memiliki differensiasi.

“Insya Allah tindak lanjut dari pelatihan ini akan dibentuk dan didirikan koperasi masjid di setiap kecamatan di Kabupaten Gowa,” pungkas Ainul.(rt/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here