Beranda Kesehatan Khasiat Daun Jarak Pagar Untuk Bayi

Khasiat Daun Jarak Pagar Untuk Bayi

1672
0
BERBAGI
Daun Jarak Pagar yang memiliki khasiat untuk bayi. FOTO: INT

Jarak Pagar merupakan salah satu jenis tumbuhan perdu yang dapat ditemukan pada banyak tempat, terutama di desa atau kampung-kampung. Kita tentu masih ingat, pernah pernah melihat, atau diceritakan bahwa dahulu tumbuhan Jarak ini banyak dijadikan oleh masyarakat sebagai bagian dari pagar (biasanya tiang pagar) halaman rumah baik depan, samping, maupun belakang.

Selain itu, jenis tumbuhan ini juga banyak ditemukan di pagar-pagar kebun milik warga. Hal ini tentu karena disadari betapa ia memiliki banyak manfaat. Namun seiring perubahan zaman, tumbuhan Jarak ini kurang diketahui lagi manfaatnya sehingga cenderung diabaikan. Lalu apa saja khasiat tumbuhan ini?.

Seperti yang Tebarnews.com kutip dari Fan Page Tips Dokter Cantik, ada beberapa khasiat yang dimiliki oleh daun Jarak Pagar yakni sebagai berikut:

1. Mengobati Perut Kembung
Manfaat daun jarak pagar yang telah terkenal sejak dahulu adalah untuk menyembuhkan perut kembung. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan memanggang beberapa lembar daun jara pagar di atas api agar sedikit layu. Oleskan sedikit minyak kelapa lalu tempelkan pada perut si kecil.

2. Mengatasi Keputihan Pada Lidah
Sisa-sisa ASI yang menempel pada lidah bayi akan merubah warna lidah bayi menjadi putih pucat. Segera atasi dengan meneterkan getah daun jarak pagar yang masih muda pada lidah bayi. Efeknya akan dirasakan ketika keputihan akan keluar bersama liur bayi.

3. Menyembuhkan Masuk Angin
Masuk angin pada bayi memang membuat orang tua khawatir. Segeralah untuk mengingat manfaat dari daun jarak pagar. Tempatkan beberapa lembar daun jarak pagar di atas api. Tambahkan minyak kayu putih lalu tempelkan pada area perut, dada, dan punggung bayi.

4. Menurunkan Demam
Demam bukanlah suatu penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit. Segera turunkan demam si kecil agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain. Basahi beberapa lembar daun jarak pagar, lalu tempelkan pada dahi dan ubun-ubun si kecil. Tunggu beberapa saat maka demam akan turun perlahan.

Sumber: Fan Page Resep Dokter Cantik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here