Beranda Kampus Fakultas Ilmu Sosial UNM Gelar Kuliah Umum Tentang Radikalisme

Fakultas Ilmu Sosial UNM Gelar Kuliah Umum Tentang Radikalisme

316
0
BERBAGI
Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP (tengah) bersama Prof. Dr. Irfan Idris, M.A. (kiri) dan Dekan FIS UNM Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum (kanan) dalam kuliah umum di Menara Pinisi Kampus UNM. FOTO: TEBARNEWS.COM

TEBARNEWS.COM — Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar Kuliah Umum, Selasa (21/8/2018). Kuliah umum bertema “Peran Kampus dalam Menangkal Radikalisme untuk Menguatkan NKRI”, menghadirkan Direktur Deradikalisasi Badan Nasional Pananggulangan Terorisme RI, Prof Dr. Irfan Idris, M.A. sebagai pembicara.

Kegiatan yang berlangsung ruang teater Menara Pinisi ini, dibuka Rektor UNM Prof Dr Husain Syam, M.TP. Dalam sambuatannya Prof Husain Syam mengatakan bahwa nuansa kuliah umum ini merupakan komando perkuliahan yang menyatakan bahwa kuliah telah dimulai.

Dalam sambutan ini Prof. Husain Syam mengawali dengan memberi motivasi bahwa dalam rangka mengedukasi, kekompakan adalah hal yang utama. Kegiatan seperti ini menurut Dia harusnya tidak hanya dilakukan satu kali, tapi dua kali yakni setiap awal semester.

Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP (kiri) bersama Prof. Dr. Irfan Idris, M.A. (tengah) dan Dekan FIS UNM Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum (kanan) usai sesi penyerahan cendera mata dalam kuliah umum di Menara Pinisi Kampus UNM. FOTO: TEBARNEWS.COM

Lebih jauh mantan Dekan Fakultas Teknik UNM ini, menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat membuat mahasiswa semakin paham dengan warna dan eksistensi dirinya.

“Saya berharap pemateri dapat sharing dan memberi pemahaman bagi mahasiswa tentang radikalisme”, tegasnya.

Suasana Kuliah Umum Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Ruang Teater Menara Pinisi, Senin (21/8/2018). FOTO: TEBARNEWS.COM

Sementara itu, Dekan FIS UNM Prof. Dr. H. Hasnawi Haris, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa kuliah umum ini merupakan program rutin tahunan setiap masa penerimaan mahasiswa baru. Menurut Dia tema “Peran Kampus dalam Menangkal Radikalisme untuk Menguatkan NKRI” sangat strategis terutama bagi mahasiswa baru yang memerlukan pemahaman lebih awal.

Prof. Irfan Idris mengawali materi kuliahnya dengan mengajak para mahasiswa untuk siap dengan perbedaan.

“Kita mahasiswa harus siap berbeda, karena kita ini adalah produk perbedaan. Kita lahir dari ibu dan bapak yang berbeda jenis kelamin.
Ingat, perbedaan adalah dinamika”, ungkapnya.

Kuliah umum ini dihadiri para pimpinan fakultas, pimpinan prodi, sejumlah dosen, mahasiswa baru, serta para undangan lainnya. (am/tn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here