Beranda Peristiwa Sang Penulis Kitab “Minjahul Muslim” Tutup Usia

Sang Penulis Kitab “Minjahul Muslim” Tutup Usia

194
0
BERBAGI
Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaziri, pengajar Universitas Islam Madinah. FOTO: SCREENSHOT GOOGLE EMAGE

TEBARNEWS.COM — Inna lillahi wa inna ilaihi radjiun, itulah ungkapan duka mengiringi kepergian Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaziri, pengajar Universitas Islam Madinah yang wafat pada Rabu (15/8/2018). Sang penulis Kitab “Minjahul Muslim” ini wafat dalam usia 97 tahun akibat penyakit yang dideritanya.

Kabar wafatnya sang guru yang pernah mengajar di Masjid Nabawi selama 50 tahun tersebut, menyebar di berbagai link media sosial setelah Situs Alkhaleejonline memberitakannya. Berbagai sumber menyebutkan Syaikh Al-Jairi didiagnosa mengidap penyakit pneumonia sejak satu tahun lalu. Jenazah almarhum dishalati di Masjid Nabawi dan dikebumikan di pekuburan Baqi.

Sekadar dituliskan bahwa sang Hafidz Quran ini lahir di Desa Lira pada negara bagian Baskara Selatan Aljazair 1921. Kenginan kuat untuk mendalami ilmu pengetahuan, mendorongnya pindah dan menetap di Kota Baskara. Di sini ia mendalami ilmu logika sembari mengbdikan diri sebagai pengajar di salah satu sekolah swasta hingga akhirnya berpindah ke Madinah.

Pada Masjid Nabawi ia mendalami ilmu Syar’i bersama para ulama. Dari sinilah ia memeroleh sertifikat untuk mengajar pada sebuah masjid di Makkah Al-Mukarramah untuk kajian tafsir, hadits, serta ilmu syar’i. Selain itu, ia juga tercatat sebagai dosen senior di Universitas Islam Madinah dan mengabdikan diri di perguruan tinggi tersebut hingga memasuki masa pensiun. (Dari Berbagai Sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here