Beranda Kolom Prospek Budidaya Rumput Laut

Prospek Budidaya Rumput Laut

538
0
BERBAGI

MASYARAKAT yang berdomisili di pesisir pantai memiliki banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah rumput laut yang sudah dikenal oleh masyarakat. Sebab rumput laut ini tergolong tanaman air yang sangat mudah berkembang sehingga siapa saja bisa melakukan budidaya. Apalagi lokasi budidaya di laut masih terbuka lebar, tinggal bagaimana kita mau berusaha.

Ketua Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) Safari Azis mengatakan, potensi salah satu jenis rumput laut yakni eucheuma cottonii dikenal banyak dibudidayakan di Indonesia. Potensi rumput laut ini nilainya mencapai US$ 34 miliar atau setara Rp 459 triliun (kurs Rp 13.500/US$).

Jenis rumput laut ini biasanya dibudidayakan di perairan laut dangkal. Berdasarkan data Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) ada 2 juta hektare luas laut dangkal yang cocok sebagai tempat budidaya. “Perairan laut dangkal yang cocok untuk rumput laut sekitar 2 juta hektare. Menurut Direktorat Perikanan Budidaya (KKP) rata-rata produksi 17 ton rumput laut kering per hektare. Dikali 2 juta hektare, 34 juta ton. Kalau di kg-kan jadi 34 miliar kg,” ujarnya . (https://finance.detik.com)

Olehnya itu, budidaya rumput laut  tidak rewel di dalam sehingga masyarakat juga terbantu. Disamping memiliki prospek yang menjanjikan. Pasalnya, lokasi budidaya rumput laut juga terlogong luas. Tinggal masyarakat yang memilihnya dimana mereka mau melakukan usaha ini. Budidaya rumput laut di laut jenis eucheuma cottonii yang sudah dikenal masyarakat, sehingga ini bisa dikembangkan. Apalagi Sulawesi Selatan dikenal sebagai  sentra produksi rumput laut di  Indonesia.

Memang diakui bahwa rumput laut sudah tidak asing lagi bagi  masyarakat di daerah ini sebab sudah lama melakukan usaha tersebut. Meski masih tetap ada masyarakat yang belum pernah mencoba melakukan budidaya ini. Padahal prospek budidaya rumput laut masih terbuka lebar. Sebab harganya masih tergolong tinggi dan tidak pernah tinggal. Artinya ada barang langsung dibayar. Jadi masyarakat harus memanfaatkan peluang dan kesempatan ini agar bisa menghasilkan uang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Rumput laut sangat tepat bagi masyarakat yang ingin mencobanya sebab modal atau biaya awalnya tidak mahal sehingga ini sangat bagus dilakukan. Berbeda dengan komoditas lainnya yang membutuhkan biaya besar baru bisa dilaksanakan. Sedangkan rumput laut sangat sedikit sehingga peluang bisnis ini bisa dikembangkan. Kalau masyarakat bisa menangkap peluang ini maka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Bukan hanya itu,  tapi juga rumput laut bisa diolah sendiri oleh kaum perempuan untuk dijadikan berbagai macam olahan, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bagi ibu-ibu. Pasalnya, rumput laut sudah berkembang di daerah ini termasuk cara pengolahannya. Jadi siapa saja bisa membuat berbagai macam olahan yang bisa di lempar ke pasaran. Bahkan beberapa kelompok atau UKM sudah membuat sabun, dodol, keripik dan lain-lain yang dijual di super market, sehingga ini bisa bersaing dengan produk lainnya.

Tinggal bagaimana masyarakat menangkap peluang ini guna menambah penghasilan di dalam keluarga. Jadi budidaya rumput laut di masa depan masih sangat potensial untuk dilakukan. Bahkan dapat dikatakan bahwa tidak ada ruginya untuk melakukan usaha ini sebab harganya juga tetap stabil. Disamping itu, permintaan akan rumput laut tetap tinggi sementara hasil budidaya tidak mampu memenuhi permintaan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dalam melakoni usaha ini, karena banyak yang mau beli sementara barangnya terkesan kurang.

Olehnya itu, masyarakat yang berdomisili di pulau-pulau juga bisa memanfaatkan peluang ini karena sangat pangsa pasarnya terbuka lebar. Disamping itu, budidaya rumput laut di pulau-pulau itu sangat bagus karena terhindar dari pencemaran. Jadi bukan hanya masyarakat yang berdomisili di wilayah pesisir yang bisa melakukan, tapi masyarakat pulau juga sangat besar peluangnya.  Bisa dicoba untuk menambah penghasilan. Sebab lebih baik berusaha dari pada tinggal tidak ada pekerjaan. Peluang bisnis ini sangat baik bagi msayarakat nelayan.

Mudah-mudahan budidaya rumput laut masih bisa dikembangkan lagi agar masyarakat juga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Semoga !

Penulis adalah Alumni Pasca Sarjana Manajemen Pesisir dan Teknologi Kelautan (MPTK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here