Beranda Kolom Budidaya Ikan Tawar di Gunung

Budidaya Ikan Tawar di Gunung

654
0
BERBAGI

NEGARA kita dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, sehingga apa saja bisa dilakukan. Namun tidak semua sumber kekayaan itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dengan kemampuan atau pemahamannya tentang berbagai hal di lapangan. Salah satu contoh dimana daerah ini (Sulsel) memiliki sumber daya air yang cukup melimpah sehingga bisa dimanfaatkan atau digunakan dalam berusaha untuk budidaya ikan air tawar.

Pasalnya, sumber air tawar yang banyak terbuang percuma itu tidak dimanfaatkan oleh manusia dan tentunya sangat mubassir lantaran sang pencipta sudah memberikan semuanya tinggal bagaimana orang melihat dan dapat berfikir untuk memanfaatkannya. Salah satunya adalah sumber air tawar di pegunungan yang banyak terbuang percuma tanpa ada perlakuan yang bisa ditampung untuk digunakan sebagai sumber air untuk budidaya ikan.

Memang diakui bahwa air di pegunungan itu sangat banyak tapi tidak ada yang mau memanfaatkannya. Andaikan ada orang yang mau melakukan usaha budidaya tentunya air dari gunung tersebut diambil lalu di alirkan ke suatu tempat yang telah disediakan untuk dilakukan budidaya ikan air tawar, sehingga orang-orang yang juga dikenal berdomisili di daerah ketinggian itu bisa merasakan langsung bagaimana menkonsumsi ikan segar hasil budidaya.

Nah, ini sangat baik tinggal bagaimana orang atau instansi terkait mencoba mensosialisasikan atau membuat program khusus budidaya ikan di pegunungan. Jadi  orang yang tinggia di daerah pegunungn langsung diberikan pelajaran karena sudah disiapkan segala sesuatunya. Artinya diberikan pemahaman atau ilmu budidaya karena sudah pasti bahwa mereka itu tidak pernah mengenal atau tahu tantang budidaya ikan air tawar. Jadi masyarakat juga dapat dibantu karena sudah diberikan pengetahuan. tinggal bagaimana caranya melakansakan usaha tersebut.

Nah, kalau ini berhasil tentunya masyarakat yang berdomisili di pegunungan juga dapat merasakan bagaimana melakukan usaha budidaya ikan. Sebab banyak ikan-ikan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi. Kalau memang tidak mau menjualnya cukup dibudidayakan untuk dimakan sendiri bersama keluarganya agar bisa menekan biaya sehari-harinya khususnya ikan.

Olehnya itu, suatu prestasi bagi instansi terkait mana kala dapat memberikan penyuluhan kepada warga pegunungan dan itu mau dilaksanakan. Bukan hanya masyarakat yang tinggal di daerah pesisir selalu mendapatkan ikan segar tapi juga orang pegunungan. Jadi peluang bisnis ini sangat baik untuk dicobakan karena jenis ikan air tawar sangat banyak untuk dibudidayakan. Tinggal kemauan dan kesiapan orang-orang yang mau berkembang itu bisa memanfaatkan peluang tersebut. Sebab ini sangat positif dari pada sumber air tawarnya terbuang percuma tanpa digunakan, maka lebih baik dibuatkan cara untuk memanfaatkannya.

Memang diakui bahwa awalnya pasti banyak kendala lantaran orang yang tinggal di gunung itu tidak pernah tahu dan melihat bagaimana proses budidaya yang sebenarnya. Jadi para penyuluh itu yang harus memberikan ilmunya guna memanfaatkan sumber air yang ada.

Mudah-mudahan budidaya ikan air tawar di daerah pegunungan ini berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan kita. Semoga  apa yang dicanangkan bisa dicoba dan berhasil agar masyarakat dapat menambah penghasilannya. Minimal dapat menekan biaya hidupnya khususnya biaya pembeli ikan setiap bulannya. Semoga !

Penulis adalah Alumni Pascasarjana Manajemen Pesisir dan Teknologi Kelautan (MPTK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here