Beranda Artikel Opini Sepak Bola: Dari Olahraga Jalanan ke Piala Dunia

Sepak Bola: Dari Olahraga Jalanan ke Piala Dunia

467
0
BERBAGI

SIAPA yang tidak mengenal olahraga yang satu ini, yakni sepak bola. Olahraga ini seakan tidak mengenal batasan usia mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua gemar terhadap sepak bola. Singkat kata olahraga yang satu ini digemari oleh berbagai kalangan. Kalaupun mereka bukanlah pemain bola mungkin saja dia adalah penikmat atau supporter yang mengidolakan pemain, klub bahkan negara tertentu yang hebat dalam sepak bola.

Membincang tentang sepak bola adalah moment yang tepat untuk sekarang ini karena bertepatan dengan perhelatan akbar olahraga ini yakni piala dunia. Setiap ada kumpul-kumpul tidak jarang yang diperbincangkan adalah tentang bola, sebut saja masalah negara yang diandalkan, pemain idola,  prediksi hasil skor dan embel-embel lain yang sekaitan dengan hal tersebut. Moment piala dunia seakan menghipnotis jutaan pasang mata larut dalam perhelatan akbar sepak bola sejagad dunia ini. Singkat kata sepok bola menjelma dari olahraga jalanan yang awalnya sekedar mengeluarkan keringat menjadi kompetisi yang profesional.

History Sepak Bola

Sekedar menambah wawasan tentang sepak bola penulis ingin membentang tentang sejarah singkat lahirnya sepak bola. Pada sebuah dokumen militer, diuraikan bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dikenal ribuan tahun yang lalu. Olahraga ini berasal  dari negeri Tirai Bambu sekitar 206 SM yakni pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han. Dimasa itu orang sudah memainkan bola yang disebut Tsu Chu. Tsu berarti menerjang bola dengan kaki, sedangkan Chu berarti bola dari kulit dan ada isinya. Jadi Tsu Chu berarti permainan bola kaki dengan menggunakan bola kulit.

Kemudian pada 706 SM, Jepang, Yunani dan Romawi sudah mengenal pula permainan semacam Tsu Chu. Yunani menyebut permainan tersebut Episkyros, Romawi menyebutnya Harpastum yaitu permainan dengan bola berukuran kecil. Pemainnya dibagi dalam dua kelompok yang saling berhadapan di dalam lapangan berbentuk segi empat yang dibatasi oleh garis serta terdapat garis tengah. Tujuannya adalah menggiring bola hingga melewati garis batas lawan dengan langkah dan terkadang melakukannya dengan segala tipu muslihat.

Dalam permainan tersebut para pemain menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang dengan cara menendang dan menggiringnya ke sebuah jaring yang dibentangkan pada dua tiang. Kemudian membidikkan bola ke dalam jaring kecil dengan menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil berusaha menahan serangan dari lawan. Para pemainnya terdiri 11 orang, dan satu orang di antaranya bertindak sebagai penjaga gawang yang dapat memegang bola dengan tangan. Mereka bermain di sembarang tempat dan di jalanan-jalanan.

Selanjutnya dalam beberapa literatur menyebutkan bahwa orang-orang Romawilah yang membawa permainan olahraga sepak bola ke Inggris. Hal inilah yang kemudian mendasari awal mula lahirnya sepak bola modern yang seperti sekarang yang kita kenal. Akan tetapi ketika itu, belum ada peraturan yang jelas mengenai olahraga ini. Para pemainnya tidak dibatasi dan tidak saja kaki yang bisa digunakan dalam bermain tetapi tangan juga diperbolehkan.

Lahirnya olahraga sepak bola modern dengan berbagai peraturan pertama di Inggris pada1863. Pada saat perkumpulan olahraga di London mengadakan pertemuan untuk mengatasi kekacauan olahraga sepak bola dengan membuat serangkaian peraturan fundamental untuk mengatur teknik permainan di setiap pertandingan. Pada 26 Oktober 1863, lahirlah Football Association (FA) yang pertama. Dalam pertemuan perkumpulan olahraga itu menghasilkan  peraturan yang melarang penginjakan, penendangan tulang kering dan melarikan atau membawa bola.

Pada 1869 kesempurnaan olahraga sepak bola makin baik setelah enam tahun Football Association berjalan. Ada peraturan baru  yang melarang setiap pemain  untuk memegang bola dengan tangan atau membuat hands dikenakan hukuman kecuali penjaga gawang. Pada 1870 peraturan off side, sudah ada dalam permainan sepak bola. Begitupun hingga1882, aturan-aturan main tentang sepak bola boleh dikatakan sebagian besar sudah sempurna. Hal ini dapat ini ditandai bahwa pada1873 juga sudah dikenal tendangan sudut (corner kick). Begitupun pada 1882 sudah ada wasit yang yang memimpin jalannya pertandingan.

Setelah berdirinya Football Association 1863 kemudian selanjutnya diikuti oleh beberapa perkumpulan sepak bola yang bermunculan seperti di Nederland yaitu The Scottisch FA (1873), The Ta Of Wales (1875), The Irish FA di Belfast, Selandia Baru (1891), Argentina (1893), Chili (1895), Swiss dan Belgia (1895), Italia (1898), Jerman dan Uruguay (1900), Hongaria (1901), dan Finlandia (1902).

Pada 21 Mei 1904, berdirilah Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) di Paris. Pelopornya adalah Perancis, Denmark, Nederland, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Peraturan sepak bola pun semakin berkembang khususnya di Amerika Latin. Menyikut atau Tackling dari belakang dilarang, sedangkan menghalang-halangi lawan tanpa bola, diperbolehkan. Terdapat enam daerah konfederasi di bawah FIFA, yakni Eropa, Amerika Selatan, Amerika Serikat, Amerika Utara, Asia dan Australia.

Olahraga Jalanan ke Piala Dunia

Sepak bola yang awalnya dimainkan oleh sekumpulan anak kecil atau remaja di gang-gang sempit sampai dijalanan, kemudian menjadi olahraga  profesional dan sampai pada perhelatan akbar piala dunia sepak bola. Selanjutnya Piala Dunia olahraga sepak bola ini menjadi daya tarik tersendiri disetiap penyelenggaraannya.

Piala Dunia olahraga Sepak Bola atau Piala Dunia FIFA, dicetuskan pertama kali pada 26 Mei 1928 di Amsterdam. Setahun kemudian di Barcelona, diputuskan bahwa Uruguay menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama. Piala Dunia yang pertama diadakan di Uruguay berlangsung dari 13–30 Juli 1930. Uruguay ditunjuk menjadi tuan rumah karena prestasinya menjadi juara Olympiade 1924 dan 1928. Piala Dunia pertama ini hanya diikuti oleh 13 negara, 4 negara dari benua Eropa dan 9 negara dari benua Amerika. Minimnya peserta dari negara Eropa disebabkab oleh perjalanan panjang yang harus ditempuh untuk mencapai benua Amerika. Pada Piala Dunia perdana ini tuan rumah Uruguay keluar sebagai juara, setelah mengalahkan kesebelasan Argentina dengan skor 4-2 di babak final. Hal ini menjadikan Uruguay sebagai negara pertama yang berhak atas trofi Piala Dunia yaitu Trofi Jules Rimet Cup.

Selama Perang Dunia II kejuaraan ini terhenti selama 12 tahun, dan dimulai kembali pada 1950 di Brasil. Begitupula dalam catatan sejarah Piala Jules Rimet pernah dicuri sewaktu dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall, London saat menjelangnya Piala Dunia 1966 di Inggris, namun ia ditemukan 7 hari kemudian oleh seekor anjing bernama Pickles.

Dalam catatan sejarah piala dunia sepak bola masih dipegang oleh Brasil sebagai tim yang paling sukses dalam Piala Dunia secara keseluruhan setelah lima kali menjadi juara dan dua kali berada di posisi kedua sementara Italia berada di bawahnya dengan empat kali juara dan dua kali di peringkat kedua. Jerman, yang tiga kali menjadi juara dan empat kali menjadi juara kedua, adalah tim yang tersukses ketiga. Argentina dan Uruguay masing-masing dua kali menjadi Juara.

Penulis adalah Dosen Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here