Beranda Sulawesi Selatan Raja Gowa Ke-37, Andi Maddusila Tutup Usia

Raja Gowa Ke-37, Andi Maddusila Tutup Usia

244
0
BERBAGI
Raja Gowa Ke-37, Andi Maddusila meninggal dunia, Ahad (10/6/2018). FOTO:FB/CROPING

GOWA, TEBARNEWS.COMInna lillahi wa inna ilaihi rajiun, itulah kalimat ungkapan duka yang terlontar mengiringi kabar berpulangnya Andi Maddusila Andi Ijo, Sombayya ri Gowa yang menghebuskan nafasnya, Ahad (10/6/2018) hari ini. Pria yang juga akrab disapa Patta Nyonri ini, wafat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bahagia, Kompleks BTN Minasa Upa, Makassar.

Kabar kematian tersebut beredar luas melalui link media sosial, facebook dan sharing via WhatsApp. Berikut salah satu bunyi kabar berita berantai tersebut:

“Ass.wr.wb. Innalillahi wainna ilaihi rojiun .Telah berpulang krrahmatullah YM.Drs.Andi Maddusila A.Idjo Dg.Manyonri Krg.Katangka Siltam Alaudfin 2 Raja Gowa ke 37. Berita dukai ini disampaikan seluruh Dwan Adat Kerajaan Gowa & Masyarakat Kab.Gowa”.

Ungkapan belasungkawa pun mengalir seiring beredarluasnya kabar tersebut.

Pria kelahiran Makassar, 9 Juli 1950 ini merupakan keturunan pertama dari keturunan Raja Gowa Ke-36, Andi Idjo Daeng Mattawang Karaeng Loloang Sultan Muhammad Abdul Kadir Aidudin.

Andi Maddusila dinobatkan sebagai Raja Gowa, oleh Sekretaris Jenderal Forum Keraton Se Nusantara, Gunarso G. Kusumodiningrat, pada 17 Januari 2011 lalu, dalam sebuah ritual yang dihadiri raja-raja Nusantara dari berbagai daerah.

Penobatan ini mengukuhkan dirinya sebagai Raja Gowa Ke-37 yang bergelar Andi Maddusila Patta Nyonri Karaeng Katangka Sultan Alauddin II.

Berpulangnya Andi Maddusila ini, tidak hanya menoreh luka pada keluarga Keraton Gowa, tetapi juga kerabat Keraton Nusantara. Kabar yang diterima Tebarnews.com, mayat Raja Gowa Ke-37 ini akan dimakamkan secara adat besok. (mg/tn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here