Beranda Khazanah Islam Pesan Sejuk dari Masjid Kampung

Pesan Sejuk dari Masjid Kampung

542
0
BERBAGI
Ilustrasi. FOTO:ISLAMPOS.COM

TEBARNEWS.COM — Seperti apa suasana Shalat Tarwih dan Witir di kampung? tentu jawabnya akan variatif menurut ruang ibadah masing-masing. Artinya, setiap kampung punya tata cara dan praktik tersendiri dalam melaksanakan shalat malam jenis ini.

Sebuah coretan pendek dari tangan kreatif sang alumni Program Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Abdul Rahman berkisah tentang tanda-tanda orang bertaqwa serta pesan-pesan perdamaian untuk mereka (atau mungkin juga kita) yang dengan gampang kerap melabeli seseorang itu kafir karena beda ideologi dengan kita.

“Seperti biasanya, malam ini kujalani ibadah Isa dan Taraweh plus witir di salah satu Masjid di desa yg bersempadan langsung dengan rejien Kota Makassar. Yah namanya masjid kampung, suasananya ga setemaram dengan masjid kota.

Di sekitarnya masih terdapat pohon pisang, jambu air, mangga, dan sukun. Dalam masjid pun hanya terdapat kipas angin. Jamaah hanya berkisar 100 orang, ada lebihnya. Uang celengan tiap malam terkumpul 175 ribi sampai 250 ribu rupiah. Penceramah tarifnya 100 rb rupiah.

Malam ini (malam 12) tampil seorang penceramah (eit ga terdaftar lo di Kemenag, tapi dia ga ngamuk2). Dia adalah Kaharuddin, berjuluk Lc dari Madinah. Dia mengatakan tanda-tanda orang bertakwa sebagaimana tujuan orang berpuasa ialah: banyak istigfar, gemar bersedekah baik di kala susah dan duka, ga suka marah-marah dan gampang memaafkan kesilafan orang lain, dan rajin baca Quran.

Dia pun berpesan agar senantiasa menjaga perdamaian. Jangan gampang mengeluarkan kata-kata kafir untuk orang yang ga sepaham teologi dan politik dengan kita. Klo ada Muslim yang belum shalat, jangan langsung dicap sebagai penghuni neraka, karena justru dia akan semakin jauh dari Islam.

Kita harus merangkulnya, karena bisa jadi dia ga/belum paham mengenai tatacara shalat. Tugas kita adalah mengajak dan mengajarinya.**

Sumber: FB Maman Abdul Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here