Beranda Event Ngabuburit Ala Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM

Ngabuburit Ala Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNM

567
0
BERBAGI
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UNM di Dermaga Lakkang, Sabtu (19/5/2018). -- (ist)

TEBARNEWS.COM¬†— Ada banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan dalam menanti waktu berbuka puasa di bulan suci ramadan. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Lingkar Diskusi Sejarah menyelenggarakan kegiatan “Ngabuburit Sejarah” di Pulau Lakkang, Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sabtu (19/5/2018).

Pulau Lakkang adalah wilayah yang masih bernuansa pedesaan diapit oleh Sungai Tallo dan Sungai Pampang. Di tempat ini kita masih bisa menemukan bungker-bungker peninggalan Jepang di zaman perang dunia kedua.

Koordinator Lingkar Diskusi Sejarah, Ardianto mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM.

“Tujuan kegiatan ini untuk menemukan objek-objek sejarah yang tidak banyak diketahui orang dan juga sebagai mahasiswa¬† dapat menambah wawasan dalam memahami metode penelitian sejarah langsung di lapangan”, ujarnya.

Muhammad Faiz selaku pengurus HMJ Pendidikan Sejarah juga menuturkan kegiatan ini adalah salah satu altenatif belajar sejarah selain di ruang-ruang perkuliahan. “Para mahasiswa yang ikut bersama di rombongan kami, turun langsung mewawancarai masyarakat yang ada di Pulau Lakkang, sehingga ada sudut pandang yang baru didapatkan di tempat ini”, tuturnya.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah UNM sedang berada di sebuah rakit, sarana transportasi menuju Pulau Lakkang, Sabtu (19/5/2018). FOTO:IST

Nur Nafisa salah seorang peserta kegiatan menyampaikan kesan positifnya atas kegiatan kolaborasi HMJ Sejarah UNM dan Lingkar Diskusi Sejarah tersebut.

“Kegiatan ini seru karena kita berinteraksi langsung penduduk di sini dan mencoba untuk mengetahui kondisi perekonomian masyarakat”, katanya.

Dina Padila yang juga merupakan salah satu peserta terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Menurut dia, kegiatan yang dikutinya ini angat menarik karena ia secara langsung berhadapan dengan narasumber dengan karakteristik yang berbeda sehingga lebih tertantang lagi untuk menggali lebih jauh sejarah tentang Lakkang.

Pihak penyelenggara kegiatan “Ngabuburit Sejarah” ini berharap Mahasiswa Pendidikan akan lebih memaknai bahwa belajar sejarah tidak hanya di ruang kuliah tetapi bisa juga mengunjungi langsung tempat-tempat bersejarah. Dengan begitu, melalui kegiatan ini mereka akan belajar sebagai calon peneliti-peneliti sejarah di masa depan.

Kegiatan ini ditutup dengan acara buka puasa bersama di Dermaga Lakkang. (rls/tn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here