Beranda Citizen Reporter Mencerdaskan Anak Bangsa Lewat Taman Baca Anak Kreatif

Mencerdaskan Anak Bangsa Lewat Taman Baca Anak Kreatif

535
0
BERBAGI
Sekelompok anak tampak sedang menikmati buku di Taman Baca Anak Kreatif, Syekh Yusuf Discovery, Ahad (4/3/2018). FOTO: AMIRULLAH.

TEBARNEWS.COM – Proses mencerdaskan anak bangsa, dapat dilakukan melalui berbagai cara serta tempat yang variatif. Salah satu di antaranya yakni membuat taman baca sebagai ruang belajar terbuka, santai dan mengasyikkan. Ruang-ruang belajar dengan suasana alam hijau yang menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran. Hal seperti inilah yang dilakukan pengelola Taman Baca Anak Kreatif di Syekh Yusuf Dicovery dan dapat dinikmati kalangan anak disaat hari libur.

Pada Ahad pagi ini (4/3/2018) di atas hamparan hijau rerumput dan naungan rindang pohon-pohon, sekelompok anak kecil itu menggelar tikar plastik lalu duduk asyik menikmati bacaannya. Isyarat senang dan gembira begitu jelas terlukis di wajah-wajah mereka. Sungguh sebuah pemandangan menarik yang tentu sangat sayang jika terlewatkan.

Suasana Taman Baca Anak Kreatif di Syekh Yusuf Discovery, Ahad (4/3/2018). FOTO: AMIRULLAH.

Aku duduk memerhatikan mereka cukup lama dan mencoba masuk ke alam pikiran anak-anak tersebut. Di dalam sana aku temukan pelajaran menarik yakni kebiasaan dan kegemaran membaca yang tumbuh di usia mereka yang masih belia.

Salah seorang penjaga lapak taman baca, Sri Indah Permata Sari menuturkan, Taman Baca Anak Kreatif ini merupakan ide dari bapak Mohammad Hatta dan Ibu Arafah untuk mewujudkan minat baca dan kreatifitas anak yang cerdas, cerita, dan beraklak mulia.

Sementara itu, Fitratul Akidah, sang penjaga lapak lainnya juga mengatakan Lapak Taman Baca Anak Kreatif merupakan bentuk kontribusi nyata dalam mencerdaskan anak bangsa lewat membaca sambil rekreasi serta berlibur dihari minggu sambil berolahraga.

Dari pengakuan mereka, kedua penjaga lapak tersebut merupakan siswa Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao. Siswa-siswa yang memiliki rasa peduli tinggi terhadap buku dan pentingnya membaca untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman.

Benner Visi Misi dan tujuan Taman Baca Anak Kreatif. FOTO: AMIRULLAH.

Dari sebuah benner bertuliskan bahwa Taman Baca Anak Kreatif ini memiliki visi menjadi jembatan dalam mewujudkan minat baca dan kreatifitas anak yang cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Sedangkan misinya adalah menjadikan Taman Baca Kreatif Anak sebagai jembatan informasi yang menyenangkan dan nyaman. Kemudian membangun jejaring dan partisipasi berbagai pihak untuk kepentingan terbaik anak. Sementara itu, tujuan TamanĀ  Baca Anak Kreatif adalah menumbuhkan minat baca anak, remaja, dan dewasa melalui penyediaan buku bacaan bermutu gratis, juga melalukan kegiatan belajar/kreatifitas yang dijalankan oleh tim relawan. (crp)

Laporan: Amirullah (Dosen Sejarah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here