Beranda Citizen Reporter Santri Ponpes Addraen Menimba Ilmu Melalui Kultum

Santri Ponpes Addraen Menimba Ilmu Melalui Kultum

400
0
BERBAGI
Suasana Kultum yang diikuti sejumlah santri di Pondok Pesantren Addraen, Kamis (01/02/2018). FOTO: ISTIMEWA.

TEBARNEWS.COM РMenimba ilmu pengetahuan bagi umat Islam, dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan keagamaan serta dapat diperoleh di mana saja dan kapan pun kita mau. Salah satu contoh adalah Pondok Pesantren Addraen yang berada di ujung selatan Kota Makassar  yang berbatasan Kabupaten Gowa, menjadi tempat yang baik untuk menimba ilmu agama dan ilmu pengetahuan.

Fabry A. menuturkan, di pondok pesantren ini digelar secara rutin ceramah agama yakni setiap Senin dan Kamis. Kegiatan bernama kultum ini digelar sambil menunggu buka puasa bersama Senin-Kamis.

Hari ini Kamis (01/02/2018), Kultum menanti saat buka puasa, menghadirkan Ustadz Khaidir Ihsan dengan membawakan materi berjudul Masalah Tauhid dalam Islam. Dalam materinya ia menyampaikan, Islam itu senantiasa membawa kesejukan dalam kehidupan dan kita yang beragama Islam senantiasa saling menghargai dalam menjalani kehidupan ini dengan menyandarkan keimanan pada Yang Maha Esa sebagai Sang Pencipta Dunia beserta isinya.

Suasana Pondok Pesantren Addraen. FOTO: IST.

Acara bernama pengajian rutin santri dan guru/ustadz tersebut, dihadiri sebanyak 87 peserta santri yang terdiri dari kelas 1 sampai 3 tingkat SLTP. Adapun para santri yang ada di pondok ini berasal dari berbagai daerah kota dan propinsi seperti ada yang berasal dari Irian, Ambon, Kendari, Pulau Selayar, Bulukumba, Bone, Wajo, Sidrap, Gowa dan Makassar.

Acara Khultum ini diakhiri dengan buka puasa bersama dengan para santri, kemudian disusul sholat magrib secara berjamaah. (cr)

Laporan: Amirullah (Dosen Jurusan sejarah UNM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here