Beranda Kesehatan Kandungan Daun Gedi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kandungan Daun Gedi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

9841
0
BERBAGI
Daun Gedi yang berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. FOTO: ISTIMEWA.

TEBARNEWS.com – Dalam kehidupan keseharian kita, daun gedi tampaknya telah menjadi familiar dan bahkan dapat dijumpai di berbagai tempat. Betapa tidak, jenis daun bernama Latin Abelmochus Manihot L ini biasanya dijadikan sebagai campuran makanan. Sebut saja Orang Manado di Sulawesi Tengah saat membuat bubur atau masyarakat daerah lainnya di Indonesia ketika membuat bubur Manado, biasanya mencampur daun ini ke dalamnya.

Banyak kalangan menyebut daun yang mirip daun pepaya ini adalah asli Papua. Dari daerah itulah kemudian menyebar ke berbagai daerah lainnya di Indonesia. Meski begitu, jenis daun ini juga dikenal seperti di Philipina, di mana jenisbsayuran ini mereka sebut dengan nama Lagikuay. Begitu pula di Thailand, jenis sayuran daun gedi ini mereka namakan Po Fai.

Orang-orang Papua dan Sulawesi di Kawasan Timur Indonesia serta di daerah lainnya, sangat mengandrungi daun ini. Biasanya mereka jadikan sebagai campuran sayuran atau menumisnya bersama bawang putih pelengkap menu makanan. Lain lagi dengan orang-orang di Kepulauan Pasifik, daun ini dimasak dengan santan.

Di balik kebiasaan banyak orang mengonsumsi daun ini sebagai salah satu menu makanan, rupanya mengandung khasiat yang luar biasa berhubungan dengan kesehatan. Artinya, kandungan daun ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Sebuah riset di Asian Journal of Traditional Medicines 2011 lalu, mengungkap khasiat daun gedi dalam mencegah tulang keropos. Eksperimen mengenai khasiat ini dilakukan pada seekor tikus dengan dosis 15 persen dalam diet yang diberikan padanya menunjukkan hasil dalam efek pemulihan.

Keutamaan dan manfaat daun gedi sebagai bahan sayuran dan sekaligus berfungsi sebagai obat untuk kesehatan tersebut, mendorong keingintahuan kita menemukenali apa sesungguhnya kandungan daun ini. Ternyata daun gedi memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Beberapa sumber menyebutkan daun gedi memiliki kandungan Protein dan Vitamin A. Bahkan kandungan proteinnya lebih banyak dibandingkan dengan tanaman bayam. Bahkan kandungan vitamin A dua kali lipat lebih banyak dari bayam. Selain itu, daun gedi juga memiliki kandungan vitamin C yang kedudukannya sama dengan pisang. Termasuk kandungan daun gedi adalah zat besi, kalium, dan kalsium.

Berikut adalah beberapa komponen dalam daun gedi: (1) Alkaloid, yakni senyawa bersifat basah yang dapat menetralkan asam di dalam tubuh, (2) Tanin, yakni senyawa polifenol yang dapat mengobati peradangan, (3) Terpenoid, bermanfaat sebagai antioksidan, (3) Saponin, berfungsi menambah rasa gurih dan bahan pengental makanan alami, (4) Flavonoid, yakni zat anti radang yang juga dapat memperkuat kapiler darah, (5) Polifenol, bermanfaat untuk kesehatan jantung, (6) Serotonin, sebagai antidepresan, (7) Vitamin A, beta karoten yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata dan pertumbuhan serta untuk kesehatan lender pada usus, dan (8) Vitamin C, yang bermanfaat mencegah infeksi, pembentukan tulang, mengaktifkan sel pernafasan dan pembuluh darah.

Beberapa khasiat dari daun gedi tersebut, antara lain: menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobali maag, mengontrol kesuburan, untuk kesehatan mata, menurunkan tekanan darah, memperbanyak Asi, mencegah insomnia, mengatasi gangguan kemih (termasuk ibu hamil), memperlancar pencernaan, mengobati luka, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara menyiapkan daun gedi untuk keperluan obat herbal, adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa lembar daun gedi yang masih dalam kondisi segar,
  • Cuci daun tersebut dengan air hingga bersih.
  • Siapkan sebanyak 2–4 gelas air bersih lalu masukan ke dalam panci bersama daun gedi tersebut.
  • Rebus daun gedi tersebut hingga hanya tersisa 1 gelas.
  • Selanjutnya sudah bisa diminum untuk konsumsi obat.
  • Obat herbal daun gedi ini dapat dikonsumsi secara satu kali dalam sehari.

Pentingnya kegunaan daun gedi ini, maka perlu dilakukan pelestarian agar tidak punah. Selain itu, banyaknya khasiat yang dikandung daun ini maka perlu dilakukan penanaman. Apalagi jenis tanaman ini mudah tumbuh di mana saja. Cukup memotong batangnya dengan beberapa bagian lalu ditanam, maka ia akan tumbuh dengan cepat. Bahkan daun yang melekat pada batang tersebut saat ditanam, langsung tumbuh subur bersama batangnya. (berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here