Beranda Kesehatan Kangkung Bisa Sembuhkan 6 Macam Penyakit

Kangkung Bisa Sembuhkan 6 Macam Penyakit

410
0
BERBAGI
Kangkung (Ipomoea Aquatica), salah satu jenis sayuran yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit. FOTO/INT.

TAHUKAH anda bahwa kangkung yang sering dikonsumsi banyak orang itu memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit?. Gaya hidup serba instan dewasa ini, harus diakui memang telah menggeser jenis menu atau lauk tradisional ini sebagai pilihan makanan. Meski begitu, sepertinya kangkung perlu menjadi bagian prioritas makanan kita pada waktu-waktu tertentu, demi kesehatan.

Berikut ini adalah 6 manfaat kangkung untuk mengobati penyakit:

1. Mengurangi Kolesterol

Kangkung adalah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida – salah satu jenis lemak.

2. Penyakit Kuning dan Hati

Kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

3. Mengobati Anemia

Kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

4. Mengobati Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini bisa menjadi semacam pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

5. Anti-diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Mencegah Kanker

Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Inilah enam manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Sumber: FB/Dokter Fatimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here