Beranda Khazanah Islam Mencari “Rumah Tuhan” di Hong Kong

Mencari “Rumah Tuhan” di Hong Kong

475
0
BERBAGI
Masjid Kowloon (Islamic Center Kowloon) yang terlokasi di tikungan antara jalan Nathan dan Jalan Haiphong, Kowloon Hong Kong. FOTO/TEBARNEWS.COM

HONG KONG | TEBARNEWS.com – Adakah “Rumah Tuhan” di Hong Kong?, sebuah pertanyaan penting khususnya bagi kaum muslim yang hendak berwisata ke negeri ini. Betapa tidak, tempat ini adalah kebutuhan vital paling wahid di samping obyek wisata.

Mencari “Rumah Tuhan” di Hong Kong ternyata tak sulit seperti yang dikhawatirkan. Sehabis menikmati menu halal pada sebuah Restoran Indonesia di Kowloon, Hong Kong siang itu (01/11/2017), bus yang aku tumpangi mengantar dan lalu berhenti tidak jauh dari sebuah masjid. Suara adzan baru saja berkomandan saat aku turun dari bus menuju rumah Tuhan ini yang dari papan namanya terlihat bertuliskan “Islamic Center Kowloon”.

Masjid Kowloon ini akrab disebut Islamic Center Kowloon, yang merupakan salah satu dari masjid utama di Hong Kong. Masjid ini terletak di tikungan antara jalan Nathan dan Jalan Haiphong, serta di sebelahnya adalah Kowloon Park. Di masjid inilah aku menuaikan ibadah shalat Dhuhur.

Pada masjid Kowloon ini terdapat tiga ruang shalat dan sebuah ruang pertemuan. Bahkan terdapat sebuah klinik medis dan perpustakaan. Adapun ruang shalat utama masjid ini berada di lantai pertama.

Menurut salah seorang jamaah pria yang mengaku berkebangsaan Pakistan yang sempat berbincang dengan aku, masjid yang dibangun di atas sebidang tanah dengan luas 1.500 m2 ini dapat menampung sebanyak 1.000 jamaah. Ia juga bertutur bahwa di masjid ini terdapat satu ruang shalat khusus bagi jamaah perempuan yang terletak di lantai atas dengan ruang yang lebih kecil dan di sekelilingnya terdapat teras. Di bagian atap Islamic Center ini ada terdapat kubah dengan diameter 5 meter dan tinggi 9 meter, serta menara masjid setinggi 9 meter.

Menurut sejarahnya, arsitektur asli masjid ini dibangun pada 1896, sedangkan bangunan seperti yang kita saksikan sekarang dibangun sejak 11 Mei 1984. Dalam sejarah Islam disebutkan bahwa masjid pertama di Semenanjung Kowloon ini dibangun pada1896 oleh garnisun Muslim dari Resimen Angkatan Darat Inggris Hong Kong yang berasal dari India yang datang sejak 7 Mei 1892.

Pada penghujung 1972-an mengalami kerusakan akibat imbas dari pembangunan Mass Transit Railway. Sebagai konpensasi dari Mass Transit Railway, dibangunlah masjid baru dan sudah dibuka untuk umum sejak 11 Mei 1984.

Jamaah masjid Islamic Center Kowloon merupakan mayoritas Muslim Asia Selatan yang bermukim di daerah Chung Ching Mansion yang letaknya tidak jauh dari masjid ini.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here