Beranda Internasional Merantau Ke Negeri Sendiri: Anak TKI Diberi Beasiswa Lanjut Studi di Indonesia

Merantau Ke Negeri Sendiri: Anak TKI Diberi Beasiswa Lanjut Studi di Indonesia

390
0
BERBAGI

SABAH-MALAYSIA, TEBARNEWS.com  Community Learning Centre (CLC) SMP GSLB, gelar prosesi penamatan bagi anak Indonesia yang ada peladangan sawit negeri Sabah Malaysia, Ahad (14/05/2017). Penamatan ini setelah siswa-siswi mengikuti serangkaian ujian praktek, USBN, dan Ujian Nasional.

Penamatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 9 dengan jumlah 18 orang, masing-masing 5 dari tempat kegiatan belajar Tun Tan, 1 dari CLC Sungai Menanggol dan 12 dari TKB Genting Suan Lamba. Tema dari acara ini adalah “Berpisah untuk Melanjutkan Langkah”.

Para wisudawan dan penerima beasiswa untuk lanjut studi di Indonesia (foto: Muhammad Ilyas/tebarNews).

Tema ini diambil karena di antara siswa yang diwisuda ada 3 orang yang mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia untuk lanjut SMA dan SMK di pulau Jawa dan selebihnya kembali ke kampung orang tuanya untuk melanjutkan sekolah SMA. Para penerima beasiswa yakni anak-anak para TKI yang lahir di Malaysia itu, saat melanjutkan pendidikan di Pulau Jawa Indonesia, sama artinya mereka merantau di negeri sendiri. Negeri Indonesia asal dan tempat orang tua mereka dilahirkan.

Pada acara ini sekaligus melepas guru yang telah purna tugas setelah mengajar selama 3 tahun di Sabah. Dalam acara penting ini juga ditampilkan tarian Mapadendang, puisi dan berbagai lagu persembahan dari siswa-siswi. Pada kesempatan acara ini, guru yang purna tugas Muh. Ilyas menyerahkan cendera hati kepada pihak syarikat Tun Tan Sime Darby yang telah banyak memberi dukungan kepada program persekolahan CLC.

Penyerahan Cendera Hati kepada pihak Syarikat Tun Tan, Sime Darby (foto: dok. Muhammad Ilyas/tebarNews).

Sementara itu, Senior Asisten Manager Estate Tun Tan berharap agar anak-anak Indonesia yang mendapat peluang melanjutkan sekolah ke Indonesia untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. “Kesempatan itu terkadang tidak datang dua kali”, ujarnya. (*).

Laporan: Muhammad Ilyas (Koresponden tebarNews.com di Sabah, Malaysia).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here